Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rskartik/public_html/config/koneksi.php on line 7
RS KARTIKA CIBADAK



CARI DOKTER

  Spesialis :

  Nama Dokter :

ACARA

Bergabunglah Bersama kami di

     

m
Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rskartik/public_html/config/koneksi.php on line 7

Detail Artikel



Tidur yang Baik

22-04-2018, 07:24:40 pm

Foto

Tidur larut malam hingga bergadang menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh kita di zaman ini, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Aktivitas seperti belajar untuk ujian yang akan dihadapi esok hari, deadline pekerjaan yang semakin dekat, atau menonton pertandingan sepak bola tim favorite menjadi pilihan sehingga kita rela mengorbankan jam tidur kita.

Anggapan bahwa yang penting tidur, tidak peduli berapa singkatnya jam tidur kita menjadi anggapan yang salah namun sudah meracuni pikiran kita saat ini. Tapi sebenarnya tubuh kita telah di-design sedemikian rupa untuk memiliki jam tidur dan tidur yang baik sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Tidur yang baik sangat dibutuhkan tubuh kita setiap harinya, lalu bagaimana untuk mendapatkan tidur yang baik itu ? Tidur yang baik dilihat dari kualitas dan kuantitas tidur kita setiap harinya. Tidur yang berkualitas biasanya didapatkan dari suasana tidur yang mendukung.  Tidur dalam kondisi suasana yang tenang, tidur dengan lampu yang dimatikan, dan juga hindari terlalu lama bermain gadget sebelum tidur dapat mendukung kita mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, kita juga harus tidur dengan kuantitas jam yang cukup, dalam arti tidak kurang dan juga tidak berlebihan serta teratur setiap harinya. Tidur yang cukup biasanya disesuaikan dengan umur masing – masing orang, misalnya untuk bayi biasanya membutuhkan waktu tidur selama 16 jam, sedangkan untuk anak – anak membutuhkan waktu tidur selama 9 – 12 jam. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur selama 7 jam, dan lansia biasanya membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit dari orang dewasa pada umumnya.

Dengan tidur yang baik di malam harinya, kita bisa bangun segar keesokan hari serta memulai hari dengan semangat, sehingga hari kitapun dapat berjalan dengan baik. Berikut kami rangkumkan bagaimana tidur yang baik memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kegiatan kita :

1.      Meningkatkan daya ingat otak

Pada saat kita tidur, kita memberikan waktu kepada otak kita untuk beristirahat sejenak. Dengan mengistirahatkan otak kita, otak kita akan bekerja lebih baik dalam menerima hal – hal yang baru. Selain itu, ketika kita tidur, otak kita juga bekerja dalam menguatkan ingatan kita mengenai hal – hal yang kita pelajari sebelumnya.

2.      Meningkatkan kreatifitas dan prestasi akademik

Seperti yang sudah dibahas diatas, dengan mengistirahatkan otak ketika kita tidur, fungsi otak dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Hal – hal yang kita pelajari dapat diterima dengan baik sehingga meningkatkan prestasi kita, dan juga dengan otak yang segar setelah diistirahatkan, ide – ide kreatif dapat lebih mudah kita dapatkan.

3.      Meningkatkan imunitas tubuh  

Penyakit – penyakit seperti diabetes, jantung, dan juga stroke merupakan penyakit yang berkaitan dengan terjadinya peradangan. Orang – orang yang tidur dengan kualitas yang buruk dibuktikan dalam penelitian, memiliki kadar protein inflamasi atau  peradangan yang tinggi sehingga lebih besar kemungkinannya terkena penyakit – penyakit tersebut. Maka dari itu, tidur yang berkualitas dapat membantu kita terhindar dari penyakit dan memungkinkan kita memiliki umur yang panjang.

4.      Membantu dalam mendapatkan berat badan yang ideal

Menurut penelitian yang dilakukan University of Chicago, orang yang sedang diet dan memiliki tidur yang baik mengalami kehilangan lemak hingga 56% dari berat bedan, namun bagi orang yang tidak memiliki tidur yang baik mengalami kehilangan lebih banyak pada massa otot. Selain itu, tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan orang menjadi cepat lapar sehingga bisa menyebabkan berat badan yang meningkat.

5.      Mengurangi stress

Tidur yang berkualitas serta cukup dapat mengistirahatkan otak kita, otak kita akan istirahat sejenak dari pikiran – pikiran yang mengganggu kita seperti masalah pekerjaan sehingga tingkat stress yang kita alami juga akan berkurang.

6.      Menghindari kecelakaan

Tidur berkualitas yang akan meningkatkan fungsi otak kita dapat membuat kita lebih konsentrasi dan fokus pada hal – hal yang kita lakukan misalnya ketika kita menyetir atapun melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Dengan memiliki konsentrasi yang tinggi, kita dapat mengurangi resiko kecelakaan yang dapat sewaktu – waktu menimpa kita.

7.      Memiliki kehidupan sosial yang baik

Dengan menjalani hari dengan fungsi otak yang maksimal kita dapat melakukan kegiatan – kegiatan sosial dengan baik, misalnya kita dapat mendengarkan curhatan teman – teman kita dan dapat memberikan solusi untuk masalah kita. Tentunya hal sebaliknya akan terjadi ketika kita tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, bisa saja kita tidak konsen mendengarkan cerita mereka atau bahkan kita bisa tertidur ketika mereka bercerita, hal ini bisa memberikan citra yang buruk tentang kita di lingkungan sosial dimana kita berada.

 

Nah, banyak bukan manfaat tidur untuk kehidupan kita ? Bisa dikatakan tidur merupakan salah satu fundamental dalam kehidupan kita. Tidur sendiri juga sangat berpengaruh baik bagi fisik kita, psikis kita, dan juga lingkungan sosial kita. Jadi, ayo perbaiki tidur kita dengan mendapatkan tidur yang berkualitas dan waktu tidur yang cukup !