Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rskartik/public_html/config/koneksi.php on line 7
RS KARTIKA CIBADAK



CARI DOKTER

  Spesialis :

  Nama Dokter :

ACARA

Bergabunglah Bersama kami di

     

m
Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/rskartik/public_html/config/koneksi.php on line 7

Detail Artikel



Pola Makan Sehat, Investasi Kesehatan Tubuh

20-02-2018, 03:43:41 pm

Foto

Saat ini kehidupan manusia sedang memasuki zaman modern, pesatnya globalisasi dan perkembangan teknologi menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Dengan pesatnya perkembangan tersebut, segala sesuatu dibuat menjadi serba cepat sehingga menciptkan sebuah ‘ budaya instan ‘ dalam kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang ikut terpengaruh dengan ‘ budaya instan ‘ ini adalah makanan yang menjadi konsumsi kita sehari – hari.  

Dengan adanya tuntutan serba cepat saat ini, kita juga seringkali makan dengan tujuan hanya untuk mengisi perut kita yang kosong. “ Makan apa aja deh yang penting cepet terus kenyang “, menjadi kalimat yang tak asing lagi terdengar saat ini. Hal ini menyebabkan pilihan makanan jatuh kepada makanan yang serba instan dan tidak kita perhatikan gizinya. Makanan instan seperti makanan dalam kemasana dan junk food tentunya masih boleh kita konsumsi dalam jumlah tertentu, tetapi ketika makanan instan tersebut menjadi pilihan utama setiap harinnya, kesehatan tubuh kita akan terancam.

Makanan – makanan instan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebakan penyakit degeneratif seperti jantung koroner, stroke, obesitas ( kegemukan ), diabetes ( kencing manis ), dan hipertensi ( darah tinggi ). Penyakit – penyakit tersebut memang  dulunya terkenal sebagai penyakit yang menyerang orang tua, namun karena adanya perubahan menjadi ‘ budaya instan ‘, penyakit tersebut juga banyak menyerang orang – orang di usia muda.

Untuk menghindar dari penyakit – penyakit degeneratif tersebut, kita harus membiasakan pola makan yang sehat menjadi bagian kehidupan kita sehari – hari. Pola makan yang sehat dapat kita jalankan dengan memenuhi asupan gizi harian yang dibutuhkan tubuh kita yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain kebutuhan gizi, asupan air yang dibutuhkan tubuh kita juga harus terpenuhi setiap harinya dan jangan lupa untuk makan dengan teratur dan tepat waktu.

“ Jadi kita harus makan apa biar asupan gizi kita bisa terpenuhi ? “ menjadi pertanyaan yang seringkali muncul ketika membahas pola makan yang sehat. Berikut informasi yang bisa membantu dalam menjawab pertanyaan tersebut :

1.      Karbohidrat

Karbohidrat biasanya banyak didapatkan di makanan – makanan pokok seperti nasi, jagung, umbi – umbian, dan tepung. Namun asupan karbohidrat harus diperhatikan dengan baik, karena karbohidrat yang berlebihan bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karbohidrat yang kita konsumsi akan dipecah menjadi glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah tubuh.

2.      Protein

Kebutuhan protein tubuh dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi daging merah ( daging ayam, kambing, sapi ), daging ikan, susu, telur, dan kacang – kacangan, Protein yang kita konsumsi akan berguna untuk pembangunan sel dan memperkuat daya tahan tubuh.

3.      Lemak

Asupan lemak yang dibutuhkan tubuh kita harus seimbang antara lemak tidak jenuh dan lemak jenuh. Lemak tidak jenuh biasanya disebut sebagai lemak baik karena lemak ini memiliki peran untuk membuang lemak jenuh dari tubuh. Lemak baik atau lemak tidak jenuh biasanya didapatkan dari minyak ikan dan juga minyak zaitun, sedangkan lemak jenuh biasanya terdapat dalam minyak goreng, mentega, dan lemak – lemak hewani.

4.      Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bisa dipenuhi dengan banyak mengkonsumsi buah – buahan, sayur – sayuran, dan juga umbi – umbian. Kebutuhan akan vitamin dan mineral juga bisa juga dibantu terpenuhi dengan bantuan suplemen – suplemen.

5.      Serat

Selain memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh kita, ternyata sayur – sayuran dan buah – buah juga mengandung serat. Serat sendiri dibutuhkan tubuh kita untuk mendukung proses metabolism tubuh yang dapat membuat lancarnya buang air besar serta menjaga berat badan kita.  

6.      Cairan

Setiap hari tubuh kita paling tidak membutuhkan dua liter air mineral untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Air mineral yang kita minum setiap harinya ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita seperti mencegah dehidrasi, melancarkan sirkulasi darah, membantu mengeluarkan racun, dan juga membantu dalam mendistrbusikan gizi ke seluruh tubuh.

 

 

Demikian rangkuman yang bisa kami berikan mengenai pentingnya pola makan yang sehat demi kesehatan tubuh. Mari perbaiki dan kurangi kebiasaan memakan makanan yang instan dengan mengubah pola makan kita, ayo mulai dari sekarang sebelum terlambat !